Hindari Penyakit Menular, Jamaah Haji Perlu Terapkan Hidup Sehat

Senin, 23 Juli 2018 - 14:12 WIB
Hindari Penyakit Menular, Jamaah Haji Perlu Terapkan Hidup Sehat
Hindari Penyakit Menular, Jamaah Haji Perlu Terapkan Hidup Sehat
A A A
JAKARTA - Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai jamaah haji Indonesia adalah Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus atau MERS-CoV, di samping penyakit menular lainnya.

Agar terhindar dari penyakit menular di Arab Saudi, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eka Jusuf Singka mengimbau jamaah haji untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan banyak makan buah serta sayur.

Selain itu, jamaah haji juga harus memiliki waktu istirahat yang cukup, memperbanyak minum, serta yang tak kalah penting adalah menggunakan alat pelindung diri seperti payung, masker, dan sandal.

''Jadi jemaah haji bisa menggunakan masker, kemudian cuci tangan dengan sabun. Jadi itu pola-pola pencegahannya. Selama itu dilaksanakan insya Allah tidak tertular,'' kata Eka.

MERS-CoV tak bisa dianggap remeh bagi jamaah haji. Pasalnya, virus ini berdampak hingga kematian. MERS-CoV merupakan salah satu jenis baru dari kelompok Corona Virus atau Novel Corona Virus. MERS-CoV pertama kali dilaporkan pada September 2012 di Arab Saudi.

Menurut Eka, segala penyakit yang menular seperti MERS-CoV masih menjadi ancaman dalam penyelenggaraan ibadah haji 2018. ''Semua penyakit yang bersifat menular itu tetap menjadi ancaman. Bukan hanya jamah haji saja tapi semua manusia yang ada di Timur Tengah,'' tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7789 seconds (0.1#10.140)